Tuesday, January 24, 2017

Sequestering Agents

#
Sequeatering agent adalah bahan pengikat ion Ca, Mg dan lain – lain yang mungkin ada dalam air sadah sehingga ion tersebut tidak mengendap.
Asam etilenadiaminatetraasetat (bahasa Inggris: Ethylenediaminetetraacetic acid, disingkat EDTA) adalah asam kompleks, berupa asam karboksilat poliamino yang biasa digunakan sebagai agensia pengkelat atau ligan beberapa ion atau unsur logam, terutama Fe3+ dan Ca2+.Telah diketahui bahwa zat kimia EDTA dalam konsentrasi rendah merupakan zat pengawet. Dalam konsentrasi lebih tinggi, EDTA berperan sebagai sequestering agent, yaitu suatu zat kimia yang membentuk suatu kompleks stabil dengan ion logam yang terdapat dalam larutan, misalnya Fe3+ dan Ca2+.
Dalam buah atau jus buah kalengan, ion logam dalam larutan bisa bereaksi dengan makanan sehingga menghilangkan warna serta mengubah rasa makanan tersebut. 
Sequestering agent dapat membentuk ikatan yang kuat dan stabil dengan ion logam. Reaksi antara EDTA dan berbagai ion terjadi dengan cepat sehingga mencegah ion bereaksi dengan makanan. Ketika makanan dimakan dan dicerna, kompleks logam-EDTA yang menyertai makanan tersebut melewati tubuh dan keluar melalui urine. Hampir semua ion dari logam dalam sistem periodik bereaksi dengan EDTA. Semakin besar muatan ion maka semakin mudah ion tersebut bereaksi dengan EDTA. 

0 comments:

Post a Comment