Monday, January 16, 2017

Air

Minumlah sedikitnya 1,5 liter air setiap hari sesering mungkin 6-8 kali sehari atau setiap 2-4 jam kita harus minum. Air sangat berperan penting dalam tubuh kita. Air adalah bahan kimia yang berguna sebagai pelarut universal. Rumus molekul air adalah H2O.
#

Sekitar 60 – 65% dari tubuh manusia, menurut beratnya adalah air. Bila seseorang kehilangan air, gejala dehidrasi biasanya dimulai saat kehilangan berat 5 – 10% dari berat normal. Pada tahap awal kehilangan air, seseorang mengalami kehausan, kelelahan, dan kekacauan pikiran. Dehidrasi lebih lanjut mengakibatkan kulit dan bibir kehilangan elastisitasnya, serta dapat mengakibatkan kematian.
Meskipun seseorang dapat bertahan tanpa makanan sampai lima minggu, namun tidaklah mungkin hidup tanpa air selama hanya beberapa hari. Dalam tubuh, air merupakan pelarut utama bagi zat kimia organik maupun anorganik yang terlibat dalam reaksi molekul maupun reaksi sel yang diperlukan untuk hidup. Melalui cairan tubuh, air mengangkut sebagian besar zat gizi kepada dinding sel dan melalui membran.
Air juga membawa material sampah dari sel untuk ekskresi akhir. Normalnya, sekitar setengah bagian air yang hilang dalam tubuh dipindahkan oleh ginjal bersama produk sampah.
Memakan makanan dengan kandungan protein tinggi, garam, dan mineral lain memerlukan banyak air karena mineral dan banyak produk akhir dari dekomposisi protein merupakan padatan. Padatan ini hanya dapat dihilangkan oleh tubuh bila dilarutkan dalam air.
Dibandingkan zat-zat lain, air merupakan senyawa yang memerlukan banyak kalor untuk membuat suhunya naik, yang merupakan sifat penting air. Karena karakteristik ini, manusia terlindungi dari perubahan suhu yang tiba-tiba. Bila seseorang menyelam ke dalam danau yang sangat dingin, suhu normal tubuh yakni sekitar 37,50C tidak akan turun mendadak mengikuti suhu danau.
Mekanisme kontrol suhu tubuh memiliki banyak waktu untuk menyesuaikan dengan suhu air danau. Penguapan air dari kulit juga membantu mempertahankan suhu tubuh seseorang, hal ini merupakan mekanisme utama pendinginan tubuh.
Penguapan air membuat seseorang mempertahankan suhu mendekati konstan karena semakin banyaknya molekul air yang berenergi yang menguap dan meninggalkan molekul yang lebih dingin dan kurang berenergi.
Dalam beberapa situasi, kehilangan air karena penguapan lebih banyak daripada hilangnya air melalui ginjal.
Beberapa faktor mempengaruhi kecepatan penguapan dari kulit, antara lain suhu udara dan kelembaban relatif udara.
Dalam satu tahun, seorang manusia dewasa dapat meminum sekitar 400 liter air atau lebih, suatu jumlah yang hampir sebanding dengan makanan.
Minuman ringan mengandung sekitar 90% air; sebagian besar buah alami memiliki kandungan air sekitar 70%; sedangkan sebagian buah-buahan, misalnya semangka, mengandung lebih dari 90% air.
Daging segar mengandung 60 – 80% air, bahkan daging yang telah dimasak dapat mengandung 60% air.
Tubuh yang berfungsi normal dapat mengatur kandungan air, sehingga sulit bagi seseorang untuk mengalami kekurangan air. Pada saat defisiensi terjadi, mekanisme pertahanan tubuh menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga seseorang cepat-cepat meminum air untuk menggantikan jumlah yang hilang.

0 comments:

Post a Comment