Saturday, February 4, 2017

Zat Gizi Harus Ada Dalam Makanan Yang diKonsumsi

#
Zat gizi penting untuk membangun dan mempertahankan sel pada organisme hidup, sama seperti cairan di sekeliling sel. Air, protein, dan mineral adalah bagian non lemak yang sangat banyak dalam tubuh, sedangkan karbohidrat adalah bagian dari hormon dan molekul penting lainnya.
Vitamin berfungsi mencegah kehadiran bibit penyakit dan juga terlibat dalam reaksi berbagai enzim. Molekul yang mengandung zat lemak khusus adalah esensial dalam sel maupun organ tubuh, misalnya membran sel.
Dalam tubuh manusia, sel memiliki kemampuan untuk memperoleh energi dengan cara mengoksidasi karbohidrat, lemak, dan protein, sehingga zat-zat ini disebut zat gizi energi.  Proses oksidasi yang terjadi akan melepaskan energi pada sel.
Seringkali vitamin dan mineral merupakan bagian struktur enzim yang mengkatalisis penguraian molekul pelepas energi. Reaksi oksidasi eksotermik membantu mempertahankan suhu tubuh konstan pada saat seseorang berada dalam lingkungan bersuhu tinggi atau rendah. Bila seseorang berada dalam lingkungan bersuhu rendah, sel tubuh mengoksidasi molekul gizi lebih banyak dari biasanya dan panas yang dilepaskan selama reaksi berlangsung dapat mempertahankan suhu tubuh. Dalam setiap sel, zat gizi terlibat dalam ribuan reaksi kimia yang tidak hanya melepaskan energi tetapi juga membantu pengendalian kerja sel.

0 comments:

Post a Comment