Saturday, February 4, 2017

Bahan Makanan Protein Bertekstur

#
Teknik untuk mengolah berbagai protein terus dikembangkan, salah satunya adalah produksi zat makanan yang dikenal sebagai ‘protein bertekstur’ (textured protein) atau protein buatan, yang terutama menggunakan protein dari kedelai. Selama pengolahan protein kedelai, protein dipisahkan dari zat gizi lainnya dan dilarutkan dalam pelarut yang sesuai untuk mendapatkan larutan kental. Larutan kental ini kemudian didorong melalui lubang-lubang kecil, sehingga protein berbentuk benang elastis yang mirip dengan benang nilon. Benang-benang protein kemudian dipintal menjadi bentuk yang diinginkan, lalu dicampur dengan zat gizi lain, pewarna makanan, serta zat perasa. Selanjutnya, bahan tersebut dipotong menjadi panjang, kotak, atau bentuk lain. Hasil akhir produk inilah yang disebut sebagai protein bertekstur atau protein buatan.
Sebagian besar protein bertekstur dibuat dari serat kedelai, sementara sebagian kecil lainnya dibuat dari serat kacang tanah dan biji kapas. Penggunaan serat protein buatan ini bersamaan dengan zat perasa, pewarna, serta zat-zat kimia lain akan menghasilkan suatu produk dengan rasa daging dan warna merah daging.
Bahan makanan ini dapat disatukan dengan hamburger untuk mendapatkan hamburger yang ‘lebih berdaging’. Di masa depan kemungkinan akan lebih banyak lagi produk makanan yang dibuat dari protein buatan. 

0 comments:

Post a Comment